Teori Komputasi Modern - Bidang Ekonomi - Google Pay

No Comments



PENGANTAR KOMPUTASI MODERN



UNIVERSITAS GUNADARMA
Raga Hariawan
55415534
4IA07



1.      Teori Kompilasi


Pada teori ilmu komputer dan matematika, teori komputasi adalah cabang yang berhubungan dengan bagaimana masalah dapat dipecahkan pada sebuah model komputasi secara efisien menggunakan algoritma. Bidang ini terbagi menjadi tiga fokus besar yaitu bahasa dan teori otomata, teori rekursi dan teori kompleksitas komputasi.Teori Komputasi dapat dianggap sebagai model penciptaan dari seluruh cabang dalam bidang ilmu komputer (computer science). Maka dari itu, logika dan matematika digunakan dalam teori komputasi. Pada abad ini, teori komputasi menjadi disiplin akademik mandiri dan telah terpisah dari matematika. Beberapa pencetus dalam bidang teori komputasi adalah Alonzo Church, Kurt Godel, Alan Turing, Stephen Kleene, John von Neumann dan Claude Shannon.

Komputasi diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Pada zaman sekarang ini, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

            Pengimplementasiannya ada di beberapa bidang, yaitu :
·         Komputasi Kimia
·         Komputasi Fisika
·         Komputasi Matematika
·         Komputasi Ekonomi
·         Komputasi Geologi
·         Komputasi Geografi

Pada kesempatan ini penulis akan membahas pengimplementasiannya di Bidang Ekonomi.

2.      Website dengan pengimplementasian komputasi modern di Bidang Ekonomi.
Implementasi pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macro economic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi. Karena dibidang ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan. Pada bidang ekonomi, rerdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.

Salah satu implementasi komputasi modern pada bidang ekonomi yaitu dengan adanya transaksi pembayaran secara online pada saat melakukan pembayaran terhadap barang/jasa yang akan dibeli. Misalnya dalam penggunaan Google Pay dalam melakukan transaksi pembayaran. Google Wallet merupakan sebuah layanan baru dari Google berupa dompet digital. Layanan baru ini menurut Google akan membawa perubahan besar sejak beberapa ribu tahun terakhir, ketika metode pembayaran telah mengalami transformasi dari koin, uang kertas, hingga kartu plastik. Untuk menggunakan Google Wallet cukup mudah, yaitu hanya dengan menempel ponsel di meja kasir, dan Google Wallet akan memprosesnya sehingga pembayaran menjadi lebih mudah. Google Wallet menggunakan system data Android dengan open commerce ecosystem yaitu dapat menyimpan semua berkas – berkas transaksi yang telah dilakukan.
Para pengguna internet yang ingin melakukan transaksi online baik mengirim atau menerima uang, misalnya untuk membeli barang, membeli lisensi software original, membeli e-book, mengirim donasi, dan lain-lain, biasanya menggunakan Google Wallet sebagai media transaksi karena lebih cepat dan amanvbanyak situs e-Commerce menggunakan Google Wallet sebagai alat pembayaran mereka, ini tentunya mengharuskan para member mereka untuk memiliki akun Google Wallet agar bisa melakukan transaksi. Dengan adanya komputer , segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data dapat membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainnya.

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. SIM diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas(top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).

Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagainya.

Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisa keuangan, neraca, rugi laba, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini sudah masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), apotik dan bermacam-macam usaha kecil lainnya.

            Kelebihan Google Wallet :
·         Menyimpan informasi penagihan dan pengiriman. Bukti – bukti transaksi penting akan tersimpan secara otomatis.
·         Melacak status pesanan Anda. Pesanan akan dicek secara otomatis supaya pesanan tidak ada yang salah.
·         Menjaga informasi Anda tetap aman. Informasi mengenai transaksi-transaksi tetap aman jika menggunakan software pelindung.
Kekurangan Google Wallet :
·         Konsumen Belum Siap. Butuh beberapa tahun untuk mengubah perilaku konsumen. Selain itu, konsumen juga masih belum merasa aman dengan sistem pembayaran baru ini, yaitu ponsel menggantikan kartu kredit.

Komentar : Google wallet ini sangat berguna untuk para pengguna yang sering sekali melakukan transaksi online, karena penggunaan yang mudah dan praktis, menurut saya problem nya adalah ada di konsumen, karena tidak semua konsumen akan siap merubah sistem pembayaran baru dari yang sebelumnya konvesional menjadi Google Wallet yang jauh lebih canggih.


Screenshot Website Google Pay :


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar