Pengantar Komputasi Modern - Pengalam Pribadi dan Kiat Kiat Kerjasama Team

No Comments
PENGANTAR KOMPUTASI MODERN



UNIVERSITAS GUNADARMA
Raga Hariawan
55415534
4IA07

Pada kesempatan ini, penulis akan menceritakan pengalaman pribadi dalam bentuk kerja sama serta kiat kiatnya.

Beberapa waktu lalu penulis sempat mengikuti organisasi Indpenden bernakaman Musik Gunadarma, disana berkumpulnya mahasiswa gunadarma yang memiliki ketertarikan di bidang Event Organizer dan juga Music, disana kami saling bertukar ide, pikiran dan gagasn untuk membuat event music terbesar yang pernah dibuat oleh mahasiswa gunadarma, dan terwujudlah The Sounds Project.

Event music terbesar di yang pernah dibuat oleh mahasiswa gunadarma, atau The Sounds Project ini tidak mungkin bisa terjadi hanya dengan hanya andil 1 atau 2 orang, tapi banyaknya orang yang bisa membuat sebesar itu, kerja sama tim tidak terlepas dari kesuksesan tersebut.

Pada proses mengusulkan, merencanakan, membahas dan juga pengesahan hingga pengambilan keputusan ide, semua anggota terlibat, dan kerja sama team sangat terasa ketika ide ide yang di lontarkan tidak langsung  diambil keputusannya, melainkan dapat masukan, kritik dan saran sebelum pengambilan keputusan ide, disana juga penulis belajar bagaimana menerima pendapat orang yang belum tentu sama dengan perspektif kita.

Selain itu, pada saat mengkontak artis artis yang akan tampil di The Sounds Project, karena artis yang akan diundang itu cukup banyak, dan kami tidak mempunyai info mengenai kontak management para artis, disitulah para anggota saling bantu membantu mencarikan satu persatu kontak management artis yang sudah disepakati untuk diundang ke The Sounds Project.

Dalam proses pencarian tersebut tidaklah mudah, melainkan cukup menantang, karena tidak semua kontak management artis yang didapatkan adalah kredibel, terkadang ada kontak yang tidak aktif, nomornya salah, atau salah sambung. Tapi karena keja sama team yang solid, kami tetap mencari, tetap membantu satu sama lain dan juga pantang menyerah hingga mendaptakan kontak management artis yang benar.

Singkat cerita, semua artis telah di kontak, setelah itu kami harus mencari venue untuk pertunjukan di sekitar jabodetabek, banyak opsi yang telah kita list, tapi list itu harus di datangi satu persatu, melihat secara langsung keadaan venuenya, disitu kerjasama tim terjalin lagi, dimana ada beberapa orang yang jalan mengunjungi satu persatu tempat pertunjukan untuk melihat secara langsung dan menilainya, singkat cerita, setelah memakan waktu kurang lebih 5 hari, setelah diskusi bersama team, keputusan diambil untuk memilih salah satu venue dibilangan Jakarta selatan.

H-7 hari pertunjukan kami semua cukup gugup, takut ada hal hal yang terlewatkan, pada akhrinya kami memutuskan untuk final meeting agar semua hal sudah sesuai dengan rencana, di final meeting kami memastikan untuk line up, venue, vendor sound, keamanan, surat izin dll sudah terselesaikan.

Pada akhirnya hari pertunjukan datang, kami berdoa bersama sebelum memulai dan membuka gerbang masuk untuk para penonton, kami berdoa agar semua diberikan kelancaran hingga akhir acara, dan pada pukul 14:00 gerbang sudah dibuka dan para penonton, kurang lebih 8 jam berlalu, acara selesai dan berjalan dengan mulus.

Dari keterlibata penulis dalam acara ini, pengalam kerjasama dengan anggota dalam satu tim yang bisa diserap adalah sesungghunya hal lumrah dalam dunia organisasi bahwasanya kerja sama dalam tim merupakan peleburan berabagai pribadi, pola pikir dan sifat yang menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama, tujuan tersebut bukan tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, tapi bersama, karena sesungguhnya manusia adalah makhluk social yang tidak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain, sama hal nya pula dengan kerja, tidak ada orang yang bisa melakukan pekerjaan tanpa bantuan sekecil apapun dari orang lain.

Dalam satu tim pasti ada  satu dua orang yang sifat nya menyebalkan, mematahkan argument, mematahkan ide tanpa memberi solusi, disitu lah kita harus bisa saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team untuk menjadi modal sukses bersama, keragaman sifat dalam tim memang sebuah nila plus, kita bisa mendapatkan macam macam sudut pandang yang berbeda, tapi bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.

Saling mengerti satu sama lain merupakan kunci kesukesan dari kerjasama tim, walaupun terjadi perselisihan pribadi, tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu, bila tidak kehidupan tim jelas akan terganggu, maka dari itu sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan anggota tim di atas segalanya.

Selain saling mengerti satu sama lain, dalam tim harus selalu melakukan perbaikan dan evaluasi secara periodic. Hal ini perlu dilakukan untuk mengukur sudah sejauh mana progress yang sudah dijalankan oleh tim dalam suatu project. Selain itu juga untuk mengetahui apakah kerjasama tim yang dibentuk selama ini sudah berjalan secara optimal, dan juga untuk mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki khususnya di dalam team itu sendiri, agar dapat bekerja dengan baik.

Saling mengerti dan melakukan evaluasi adalah 2 hal yang penting, tapi ada satu hal yang tidak kalah penting untuk menyelesaikan project dalam kerjasama tim, yaitu KOLABORASI antar anggota tim, karena dengan berkolaborasi kita bisa mendapatkan ide ide baru untuk menyelasaikan project tersebut lebih cepat, dan mungkin jauh lebih optimal, serta membagikan beban kerja.

              Kemudahan berkomunikasi juga salah satu factor penting untuk bekerjasama dalam satu tim, karena jika si A tidak mengerti apa yang disamapaikan oleh si B dapat menyebabkan miss komunikasi dalam satu tim, oleh karena itu mempunyai sifat komunikasi yang baik adalah kunci untuk kesuksesan tim juga

              Menurut saya itulah kiat kiat yang harus diperhatikan untuk melakukan “Kerjasama dalam satu team” Saling mengerti, Evaluasi, Kolaborasi dan juga kemudahan berkomunikasi, jika 4 point tersebut dilakukan dengan baik, niscahya akan menjadikan tim yang sangat kuat, solid dan juga bagus.

Karena dari sudut pandang manajemen, meningkatkan kerja sama tim dalam lingkungan kerja juga akan membantu perusahaan atau departemen anda untuk mengambil pekerjaan tambahan dan akhirnya mendapatkan keuntungan atau bonus tanpa harus menambah pegawai lagi.

Jika Saling mengerti, Evaluasi, kolaborasi dan Kemudahan berkomunikasi sudah dicapai, lingkungan kerja yang dibangun juga sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan sebuah proyek. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membangun lingkungan kerja kondusif dan juga efektif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama, salah satu nya adalah 4 poin yang saya sebutkan diatas.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar