Pengantar Komputasi Modern - Menumbuhkan Semangat Belajar

No Comments
PENGANTAR KOMPUTASI MODERN



UNIVERSITAS GUNADARMA
Raga Hariawan
55415534
4IA07

Pada kesempatan ini, penulis akan menceritakan pengalaman pribadi untuk menumbuhkan semangat belajar.

Sebagai mahasiswa, 5 hingga 6 hari dalam seminggu pasti banyak waktu yang dihabiskan dalam kelas untuk menuntaskan mata kuliah yang telah kita ambil dalam satu semester, tidak dipungkiri pasti ada rasa jenuh ketika hal tersebut kita lakukan berulang ulang setiap hari selama 6 bulan berturut-turut.

Dalam kondisi seperti itu, diperlukannya menumbuhkan semangat belajar, semangat berangkat ke kampus, hal hal seperti ini perlu dan dan butuh untuk diciptakan supaya mencapai tujuan proses belajar yang telah direncanakan.

Menumbuhkan semangat belajar mempunyai tiga fungsi yaitu untuk mendorong manusia untuk berbuat yaitu sebagai penggerak motor yang melepas energi, menentukan arah perbuatan yaitu kearah tujuan yang akan diraih, menyeleksi perbuatan yang harus dikerjakan guna mencapai tujuan dengan cara menyisihkan perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan yang ingin diraih.

Seseorang akan melakukan suatu usaha karena adanya semangat. Sebuah semangat yang lebih baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang bagus atau dengan kata lain bahwa dengan usaha yang tekun karena adanya motivasi maka akan dapat melahirkan prestasi yang baik.

Semangat belajar yang paling penting untuk pendidikan adalah keinginan dalam prestasi dimana seseorang lebih cenderung untuk berjuang mencapai sukses atau memilih kegiatan yang berorientasi untuk tujuan sukses atau untuk gagal. Tingginya intensitas semangat akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar kita sebagai mahasiwa.
Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus bisa dan dapat memahami diri kita sendiri agar dapat menumbuhkan semangat belajar dan juga motivasi, karena tanpa itu kita tidak dapat dan terasa sulit sekali untuk melakukan dan juga menuntaskan segala materi yang telah kita ambil untuk kurun waktu 1 semester atau 6 bulan.

Ada beberapa cara untuk membangkitkan semangat belajar yang saya terapkan untuk saya, dari saya, oleh saya dalam kehidupan sehari hari, pertama, saya akan menyelesaikan segala tugas yang diberikan sesegara mungkin, karena saya yakin, ketika sudah mendapatkan tugas dari satu dosen, pasti akan ada tugas dari dosen lainnya, dan penumpukan tugas itulah yang sangat saya hindari, dan dengan cara seperti ini, secara tidak langsung saya harus dapat menyelasaikan tugas secara cepat.

Selain itu, terkadang saya suka memberi target dan juga rencana bahwasanya bulan ini saya harus bisa mengerti materi A di matkul A, dan seterusnya, oleh karena itu saya selalu berusaha untuk mempelajari apa yang sudah saya target dan rencanakan, supaya di akhir bulan apa yang saya target dan rencanakan tercapai.

Dan juga, seperti yang kita ketahui biaya kuliah itu tidak murah, maka dari itu, saya selalu berusaha untuk menuntaskan segala hal yang berkatian dengan kelulusan saya sesegara mungkin, karena sudah banyak investasi yang diberikan oleh kedua orang tua kita dalam bentuk materi atuapun tenaga, dan menurut saya sudah saatnya memberikan timbal balik dalam ke mereka dalam bentuk menuntaskan pendidikan terakhir ini secara tepat waktu, 4 tahun.

       Kesimpulanya adalah, untuk menumbuhkan semangat belajar dapat kita temukan di dalam diri kita sendiri, karena hanya kitalah yang tau apa yang harus kita lakukan untuk menumbuhkan semangat belajar itu, walaupun banyak orang yang menasihati, tapi kalau dari diri kita tidak ada semangat yang tumbuh, saya rasa itu sia-sia. Semoga dengan tulisan ini, kita semua dapat menumbuhkan semangat belajar jauh lebih semangat lagi, dan juga dapat melakukan hal hal yang positif untuk diri sendiri ataupun orang lain.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar