Arti bunyi "BEEP" Di PC Anda.

No Comments




Apakah komputer anda pernah berbunyi BEEP ? Apa yang anda lakukan pada saat itu? Sebagian dari kita mungkin akan mengabaikan bunyi tersebut. Sebagian lainnya mungkin akan sedikit merasa curiga dan langkah awal biasanya melakukan proses booting ulang atau reboot. Apakah bunyi beep komputer kita hilang setelah booting? Apa sebenarnya makna dari bunyi beep tersebut?


Bunyi beep memang merupakan cara komputer dalam hal ini BIOS berkomunikasi dengan si pengguna. BIOS atau Basic Input-Output System merupakan instruksi perangkat elektronik komputer untuk memulai beroperasi. BIOS merupakan sistem yang paling pertama dibutuhkan saat melakukan proses booting atau menyalakan komputer. BIOS memberikan instruksi kepada POST atau Power-On Self Test untuk memeriksa seluruh bagian dan sistem komputer apakah sudah siap dan bisa berjalan baik pada saat komputer dinyalakan.

Jika ada bagian yang tidak baik atau dalam keadaan bermasalah pada saat tes, maka BIOS memberikan instruksi pada komputer untuk memberikan kode-kode pada penggunanya. Kode inilah yang disampaikan kepada pengguna melalui bunyi beep pada komputer. Setiap bunyi beep memiliki arti tersendiri yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan komputer kita, seperti mendeteksi masalah atau kerusakan pada komputer.


Beberapa arti bunyi beep pada BIOS IBM . 

Bunyi beep yang dideteksi di sini dimulai saat komputer melakukan proses start up. Jika ketika Anda menyalakan komputer lalu Anda mendengar satu kali bunyi beep dengan nada singkat atau jelas, makan komputer Anda berarti dalam keadaan baik atau siap melakukan perintah selanjutnya.

Namun jika Anda mendengar dua kali beep berarti ada masalah dengan POST Anda. Langkah utama untuk memeriksa masalah ini adalah mengecek layar komputer. Apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Jika sudah maka dengarkan apakah masih ada beep lainnya.

Jika bunyi beep komputer Anda berdering satu kali panjang diiringi satu bunyi beep pendek, maka masalah terjadi pada motherbroad Anda. Masalah tersebut mungkin terjadi pada memori pada komputer Anda. Lakukan pemeriksaan segera jika ada masalah ini.

Masalah pada komputer lainnya juga bisa dideteksi dengan mendengar bunyi beep panjang satu kali dan diiringi dengan dua kali bunyi beep pendek. Jika seperti itu, maka terjadi masalah pada sistem video. Artinya, masalah terletak pada monitor. Namun jika bunyi beep panjang satu kali diiringi tiga kali bunyi beep pendek, maka masalah terletak pada keyboard.

Jika komputer Anda terus menerus meneriakkan bunyi beep panjang, maka ada masalah ada pada RAM atau memori Anda. Mungkin memori Anda error atau memang hanya perlu dibersihkan slotnya. Langkah paling aman adalah segera memeriksakan pada ahlinya agar komputer Anda bisa tetap melakukan aktivitasnya dengan baik.

Bunyi beep pendek terus menerus artinya adalah bahwa mungkin ada masalah pada penerimaan tenaga atau tegangan ke dalam komputer. Periksa sumber tegangan ke komputer Anda untuk melakukan pengecekkan. Sebaliknya, jika komputer Anda tidak berhenti berbunyi beep panjang pendek, maka artinya komputer Anda sudah overheating atau kepanasan. Segera matikan agar komputer bisa beristirahat dan kembali beraktivitas.

Jika tidak ada bunyi beep pada saat menyalakan berarti tidak ada power . yang bisa jadi CPU Anda rusak. Akan tetapi, jika memang Anda tidak pernah mendengar bunyi beep dari komputer Anda, maka jangan dahulu khawatir. Karena mungkin saja perangkat komputer Anda tidak memiliki speaker internal sehingga bunyi apapun termasuk beep dari komputer tidak bisa Anda dengar.

Langkah paling aman adalah segera mengkonsultasikan masalah ini pada teknisi komputer, terutama bagi Anda yang awam seputar dunia komputer.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar